Selasa, 26 Juli 2016

(TUGAS KE-4 SOFTSKILL)-Analisis Jurnal Komputasi Paralel


Analisis Sistem Virtual Cluster Pada Komputasi Paralel Menggunakan Layanan IAAS

Diah Ayu Retnani W , Erick Irawadi Alwi Program studi sistem informasi Universitas Jember, Jln. Kalimantan 37 Kampus Bumi Tegalboto Jember, Jawa Timur 68121 Indonesia Program studi Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia, Jln. Urip Sumohardjo KM.05 Makassar 90231 Indonesia diah.retnaniw@gmail.com, erickirawadimti15@gmail.com


A. KONSEP KOMPUTASI PARAREL


Parallel Computing merupakan penyatuan beberapa komputer atau server menjadi satu kesatuan sehingga dapat mengerjakan proses secara bersamaan ataupun secara simultan. Parallel computing membuat program maupun proses berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan.




B. DESKRIPSI KOMPUTASI PARAREL


Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan
dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya
diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll.
Konsep keparalelan itu sendiri dapat ditinjau dari aspek design mesin paralel,
perkembangan bahasa pemrograman paralel atau dari aspek pembangunan dan analisis algoritma paralel. Algoritma paralel itu sendiri lebih banyak difokuskan kepada algoritma untuk menyelesaikan masalah numerik, karena masalah numerik merupakan salah satu masalah yang memerlukan kecepatan komputasi yang sangat tinggi.


C. PROSES PENDISTRIBUSIAN KOMPUTASI PARAREL


Jurnal ini menggunakan sistem kinerja komputasi paralel dipengaruhi oleh teknik pemrograman, arsitektur, atau keduanya. Parameter yang digunakan untuk mengukur kinerja sistem paralel pada penelitian ini, diantaranya adalah waktu total eksekusi, speed-up dan efisiensi. Waktu eksekusi dapat diartikan sebagai waktu berlangsungnya (running) program paralel pada arsitektur komputer paralel yang dituju. Waktu eksekusi sekuensial didefinisikan sebagai waktu running algoritma yang sama yang dieksekusi oleh satu prosesor. Selain waktu eksekusi, kinerja komputasi paralel juga diukur dengan membandingkan waktu proses algoritma paralel dengan waktu proses sekuensial, dengan mendefinisikan ts dan tp sebagai waktu proses algoritma paralel pada prosesor tunggal dan p prosesor.


D. ARSITEKTUR KOMPUTASINYA 


Arsitektur komputasi pada jurnal ini untuk membandingkan waktu proses algoritma paralel dengan waktu proses sekuensial, dengan mendefinisikan ts dan tp sebagai waktu proses algoritma paralel pada prosesor tunggal dan p prosesor, maka speed-up dapat dirumuskan sebagai berikut pada persamaan 2.3: p s p t t S (1) dimana :

    Sp adalah peningkatan kecepatan jika menggunakan multiprosesor
    ts sebagai waktu proses menggunakan sistem prosesor tunggal (dengan algoritma sekuensial terbaik)
    tp sebagai waktu proses untuk menyelesaikan problem yang sama menggunakan multiprosesor.

Speed-up pada satu prosesor adalah sama dengan satu, dan speedup pada p prosesor idealnya adalah p atau bernilai 1 ≤ Sp ≤ p. Secara ideal speed-up meningkat sebanding dengan bertambahnya jumlah prosesor. Dalam beberapa kasus dapat terjadi superlinear speedup (Sp > p), hal ini disebabkan oleh fitur unik dari arsitektur paralel, misalnya ukuran cache yang lebih besar pada lingkup pemrograman paralel dibandingkan dengan ukuran cache pada lingkup pemrograman sekuensial [3,4]. Efisiensi merupakan suatu ukuran kinerja yang sangat erat hubungannya dengan speedup. Secara matematis efisiensi dinyatakan dengan

11.JPG
dengan kisaran nilai antara (1/p) ≤ E ≤ 1 efisiensi akan menurun jika jumlah prosesor meningkat. Nilai speed-up dan efisiensi yang tidak ideal ini dikarenakan adanya overhead pada sistem paralel, Hal ini berlaku untuk semua sistem paralel, dan gejala saturasi dari speedup dan efisiensi ini mengikuti Hukum Amdahl [1].


E. JARINGAN DAN PROGRAM YANG DIGUNAKAN


Pada jurnal ini memiliki sebuah jaringan yang digunakan dan program yang digunakan dalam pembuatan cluster virtual. Penggunaan SSH digunakan sebagai perantara komunikasi yang berbentuk shell antar node. SSH memfasilitasi agar master node dapat melakukan eksekusi pada slave node secara remote. Konfigurasi SSH dengan cara generate rsh keygen membuat master node dapat melakukan otentikasi ketika akan melakukan akses pada slave node. Pada implementasinya, master node melakukan generate public key yang merupakan angka acak. Public key ini kemudian akan dikirimkan ke dalam folder SSH pada slave node kemudian diubah menjadi authorized key. Ketika master node akan melakukan koneksi SSH pada slave node, SSH pada slave node akan memeriksa apakah komputer yang akan mengakses tersebut telah terdaftar dalam authorized keys slave node. Master node dapat melakukan akses ke seluruh slave yang terdapat di dalam daftar tanpa harus memasukkan password slave node terlebih dahulu. Konfigurasi SSH disemua slave node, terlebih dahulu membuat directory dengan perintah .ssh sebagai tempat untuk file authorized_keys.


12.JPG


Anggota Kelompok :

    DHEJIE ASHRIANI OCTAVIANTI
    FITRIA PUSPASARI
    HANIK DWI NURLAILI
    IKA NURJANAH
    KHUSNUL KHOTIMAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar